Oleh-Oleh Ranah Minang (1)

Traveling adalah salah satu hobiku karena dengannya aku dapat mengetahui dunia atau keadaan tempat yang lain meliputi keadaan geografisnya, masyarakatnya, dan sebagainya. Selain itu aku dapat melihat dunia baru, tidak terbatas hanya tempat yang itu-itu saja. Dan ini pun berguna sebagai refreshing.
Selain itu, aku ingin pergi ke tempat-tempat yang belum pernah aku kunjungi karena rasa ingin tahu aku terhadap tempat itu. Oleh karena itu, saat aku diajak oleh ibu ke sumatra barat, dan kalau tidak salah aku belum pernah ke sana. Karena itu aku mengiyakannya.
Dan Beginilah perjalanannya (wew) : ..

Aku dan ibuku berangkat dengan menggunakan pesawat pada pagi hari dari Kota Jakarta ke Kota Padang menempuh waktu sekitar 1,5 jam. Alhamdulillah setibanya disana, cuaca begitu cerah. Kemudian aku dan ibuku menuju Kota Payakumbuh karena ibuku ada urusan disana. Kami pergi ke sana dengan menggunakan angkutan mobil APV. Sebagai info, disana itu angkutan antar daerahnya didominasi oleh mobil APV, Avanza, Kijang. Malah katanya ada lho yang BMW juga. (Beudeuh. ajib dah..) Jadi, jangan heran juga disana banyak mobil itu. (Hampir sama fungsinya dengan angkutan Colt L300 di Bogor yang mau ke Sukabumi atau Cianjur).

Saat diperjalanan, pemandangan disana begitu indah. (kaya lagu.hehe)
Terlihat persawahan yang hijau dan di sekitarnya ada kumpulan bukit-bukit mulai dari yang besar hingga yang tinggi. Mobil angkutanku jalannya ngebut. Maen lahap aja susul-susulan dengan bis, truk, dan mobil lainnya. Ya begitulah disana karena jalannya juga bagus, kendaraan berjalan dengan cepat walaupun jalan lebarnya itu tidak begitu luas. Dan diperjalanan saat melewati lembah anai, terlihat air terjun di tepi jalan. (waw). Dan saat melewati kota-kota disana pasti banyak rumah yang atapnya runcing-runcing. (haha. yaiyalah, kan landmark disana rumah gadang)..

Kami menginap sehari di Kota Payakumbuh. Setelah itu, pergi ke Kota Bukittinggi. Disana aku mengunjungi Jam Gadang yang terkenal itu. Kemudian aku melihat Ngarai Sihanouk. Ngarai Sihanouk ini adalah sebuah Canyon, dibawahnya terlihat sungai kecil mengalir dan dikejauhan tampak Gunung Singgalang. Setelah melihat Ngarai Sihanouk itu, tak jauh dari sana ada Gua Jepang. Aku masuk ke dalam sana. Terasa dingin. Banyak ruangan yang ada didalam Gua atau Lubang Jepang itu. Dan waw. Bagaimana bisa ya orang-orang zaman dahulu membuat lorong seperti itu ? ...


Ngarai Sihanouk







Lubang Jepang




Setelah melihat-lihat Kota Bukittinggi, aku dan ibuku langsung pergi ke Kota Padang. Di sana aku hanya istirahat semalam. Besoknya aku pergi lagi ke Kota Pariaman tepatnya di daerah Sungai Limau. Sesampai disana niatku langsung pergi ke pantai karena memang dekat, sekitar 20 -50 meter. Tetapi, tidak jadi karena kami langsung pergi ke Danau Maninjau..

Untuk pergi ke Danau Maninjau, kami menggunakan bus dan oplet. Sesampai disana hanya satu kata yang menggambarkanku. Takjub. (cangak juga sih. haha).
Aku benar-benar merasakan pemandangan yang Subhanallah indah banget. Bukannya lebay atau gimana, pokonya susah deh kalo diceritain pake kata-kata juga. Terlihat danau yang begitu luas sekali dipenggirnya terlihat juga sawah yang menghijau dan disekitar Danau dan sawah itu dikelilingi bukit. Waaw. Aku juga beruntung karena saat itu langit banyak awan dan sedikit mendung tetapi cahaya matahari ceraah banget.
Cuaca cerah dan sedikit mendung seperti itu jarang terjadi disana. mmhhh.. ^^
Aku langsung mengambil HP ku untuk memfoto keadaan alam disana. Beberapa fotonya :

Danau Maninjau





















Sayangnya aku tidak menelusuri jalan lagi. Jika aku telusuri, akan ada kelok 44 yang disana kita dapat melihat Danau Maninjau dan segala yang ada disekitarnya dengan jelas. wuiihhh...
Walaupun begitu, aku benar-benar sangat kagum dengan pemandangan alam disana. ^^

1 comments:

McAniX said...

a rj, dgr kbr ttg danau mannjau gk?
yg ktnya badai>?

 
Copyright © feel it? love it