Resensi Novel 5 cm

Ada lima sahabat yang telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Mereka adalah Arial yang paling tampan, Riani sebagai satu-satunya wanita dalam kelompok itu, Zafran yang berlagak seperti seorang penyair, Ian yang paling subur badannya, dan Genta yang dianggap sebagai leader dalam kelompok itu. Mereka memiliki kegemaran yang aneh-aneh mulai dari mengunjungi kafe dari yang termahal dan yang termurah, sampai menonton layar tancap. Hingga suatu saat dikarenakan ada rasa bosan satu sama lain, mereka memutuskan untuk tidak saling bertemu dan berkomunikasi selama tiga bulan. Dimana saat itulah mereka menemukan hal-hal baru yang memperkaya hidup mereka sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya dirayakan dengan sebuah perjalanan. Dimana sebuah perjalanan ini penuh dengan keyakinan, cita-cita, mimpi, dan cinta. Perpisahan dan perjalanan yang mereka lewati ini ternyata telah membuat mereka menjadi manusia yang sesungguhnya, tidak hanya seonggok daging yang hanya bisa bicara, berjalan, dan punya nama.

Novel karangan Donny Dhirgantoro ini memberikan kepada para pembaca suatu ajakan untuk lebih mencintai tanah air yang kaya ini. Penggambaran tokoh-tokoh utama dalam cerita ini cukup spesifik membuat pembaca seolah-olah kenal dengan mereka. Walaupun konflik dalam cerita ini kurang, tetapi cerita ini merupakan cerita yang bagus karena ringan dan mudah dipahami. Didalam cerita ini banyak terdapat lirik-lirik lagu mancanegara sehingga jika tidak semua pembaca tahu bagaimana lagu dari lirik tersebut. Meskipun begitu, cerita ini diselingi dengan kata-kata dan kalimat yang dapat menunjukkan kepada para pembaca bagaimana makna hidup itu dan bagaimana kita menjalani hidup ini dengan sebaik-baiknya. Meskipun dalam novel ini tidak diterangkan apakah cerita didalamnya itu bersifat nyata secara keseluruhan atau hanya fiksi tetapi cerita ini telah mampu menghanyutkan pembacanya kedalam sebuah kisah yang bermanfaat bagi seorang manusia.

Sama halnya dengan novel-novel laris yang lainnya seperti Ayat-Ayat Cinta dan Laskar Pelangi, mudah-mudahan cerita dari novel ini secepatnya dapat diangkat ke layar lebar. ^^

9 comments:

Anonymous said...

5 cm emang keren ya..
makanya ni maw ngesensi 5 cm buat ujian praktek...

TEAM CHUEX said...

aku suka banget baca buku tapi dari sekian banyak buku2 yg pernah aku baca cuma novel 5 cm ini yg bener2 bisa ngambil hati aku.
Sumpah keren banget dan ringan banget ceritanya.
Menyentuh banget dech.
Andai aku juga punya sahabat kaya Arial, Zafran, Genta dan Ian aku pasti bahagia banget.
Oya di filmin duonk pasti makin keren banget.
Tapi jjgn ada yg dibedain sedikitpun loch dari novelnya.
Pokoknya akku AMAT SANGAT SUKA SEKALI sama novel 5 Cm.

kiku error said...

gila.....ne novel pertama yang ngebuat aq ceped2 nyelesain baca,.,,,,keren2,,,,,ditunggu filmna....

windi said...

setelah membaca novel ini,sungguh aku rasakan betapa pentingnya persahabatan. dari ke5 temanku cuman baru saya sendiri yang baca, maka saya anjurkan ke5 teman saya tuk baca novel ini. mereka benar-benar jadi terinsfirasi tuk miliki sebuah persahabatan seperti yang diceritakan dalam novel ini.
"THE BEST NOVEL"

murnimutz said...

klo mo download softcopy novel 5 cm ini dmana yach??kasih tao donk..

murnimutz said...

klo mo download softcopy novel 5 cm dimana yach??

Anonymous said...

novel yang sangat inspiratif, bikin kita ga nyerah buat ngejar semua mimpi..

sky said...

hy, we sky, salam kenal!
aku gi bikin group di FB, spesifikasiNa tuh we mau nunjukin ke temen2 link2 yang bagus wat referensi sastra, seni murni dan laen yang berhubungan dengan itu!
saya harap yang punya ini blog mau mengizinkan wat di pampang sebagai bahan referensi wat temen2.

oh iya, seumpama yang punya akun Fb, aku sarenin wat ikut join group yang we pimpin!
ini linkNa:

http://www.facebook.com/group.php?gid=306747375476&ref=ts

terimakasih!

fajarsuwon.blogspot.com said...

terima kasih banyak.
ijin share ke FB yah

 
Copyright © feel it? love it